Berita

Perwakilan dari Biro Hukum dan Organisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menghadiri undangan kegiatan dari Direktorat Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, dalam rangka menerima audiensi dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) DKI Jakarta pada hari Kamis tanggal 19 Oktober 2023 di Kantor BPIP.

BPIP menerima kunjungan dari Pejabat Fungsional Penyuluh Hukum Kanwil Kumham DKI Jakarta yang diwakili oleh Bapak Larsianus Sipayung, Ibu Tri Puji Rahayu, dan Ibu Mirna Tiurma. Dalam kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Bapak Fitri Suhariyadi selaku Analis Kebijakan Ahli Madya pada Direktorat Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, Bapak Ibnu Triwijaya selaku Analis Hukum Ahli Madya pada Biro Hukum dan Organisasi BPIP, dan Ibu Rachmawati Oktiviani selaku Perancang Peraturan Perundang-undangan Ahli Madya pada Direktorat Analisis dan Penyelarasan BPIP.

Kegiatan audiensi ini dilakukan perwakilan Kanwil Kumham DKI Jakarta dalam rangka koordinasi dalam pelaksanaan tugas fungsi penyuluh hukum yang akan melibatkan tugas fungsi pembinaan ideologi Pancasila yang dimiliki oleh BPIP. Disampaikan oleh Bapak Larsianus Sipayung bahwa tugas fungsi penyuluh hukum diantaranya untuk memberikan informasi mengenai peraturan perundang-undangan kepada seluruh lapisan masyarakat umum tanpa adanya diskriminasi, agar masyarakat menjadi sadar, patuh dan taat hukum. Kemudian disampaikan bahwa penyuluhan yang sudah dilakukan Kanwil Kumham DKI Jakarta diantaranya pada lingkungan sekolah, didapati bahwa nilai-nilai Pancasila di sekolah belum tertanam dengan baik karena masih terdapat kasus bullying di lingkungan sekolah, dan nilai budaya dan ideologi asing lebih tertanam karena pengaruh sosial media dan globalisasi yang menyebar secara bebas dan luas.

Kegiatan audiensi ini berjalan dengan lancar, dengan hasil beberapa poin yang akan ditindaklanjuti untuk menjajaki inisiasi kerja sama dilandasi dengan Perjanjian Kerja Sama antara BPIP dengan BPHN terkait rencana sosialisasi/penyuluhan hukum dan Pancasila kepada masyarakat, dan akan melakukan kerja sama secara aspek hukum dengan Kanwil Kumham DKI.