Berita

Perwakilan dari Biro Hukum dan Organisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menghadiri undangan kegiatan dari Direktorat Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, dalam rangka Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) Pembahasan dan Penyusunan Petunjuk Teknis Pedoman Kerja Sama Pembinaan Ideologi Pancasila pada tanggal 4 s.d. 6 Oktober 2023 di Jakarta.

Dalam kegiatan ini dihadiri secara langsung oleh Bapak M. Akbar Hadiprabowo selaku Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama BPIP, juga turut mengundang sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan perwakilan pegawai di lingkungan BPIP.

Kegiatan ini turut mengundang narasumber dari Biro Organisasi, Tata Laksana, Hukum dan Reformasi Birokrasi Kementerian Sekretariat Negara selaku instansi pembina jabatan fungsional Analis Kerja Sama, dan narasumber dari Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk memberikan saran dan masukan mengenai mekanisme penyusunan Petunjuk Teknis Pedoman Penyelenggaraan Kerja Sama Pembinaan Ideologi Pancasila.

Tujuan dari kegiatan ini dilakukan dalam rangka membahas mekanisme dan petunjuk teknis tentang pemetaan, rekapitulasi, dan analisis usulan kerja sama pembinaan ideologi Pancasila di lingkungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila dan untuk mendapatkan masukan terkait pedoman teknis berdasarkan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 10 Tahun 2023 tentang Jabatan Fungsional Analis Kerja Sama serta cara menurunkan peraturan dalam bentuk petunjuk teknis.

Kegiatan DKT ini berjalan dengan lancar, dengan hasil berupa saran dan masukan dalam penyusunan petunjuk teknis pedoman penyelenggaraan kerja sama pembinaan ideologi Pancasila sebagai bahan dalam penyusunan konsep petunjuk teknis pedoman penyelenggaraan kerja sama pembinaan ideologi Pancasila.