Berita

Perwakilan dari Biro Hukum dan Organisasi BPIP menghadiri undangan kegiatan dari Direktorat Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP dalam rangka Lokakarya Pembentukan, Advokasi, serta Pemantauan Kebijakan dan Regulasi berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila pada hari Rabu tanggal 9 Agustus 2023 di Jakarta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Karjono selaku Wakil Kepala BPIP; Bapak Kemas Akhmad Tajuddin selaku Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP; dan Bapak Prakoso selaku Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan BPIP. Dalam kegiatan ini turut mengundang Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia yang diwakili oleh Bapak Bambang Iriana Djajaatmadja selaku Analis Hukum Ahli Utama Badan Pembinaan Hukum Nasional; Menteri Dalam Negeri yang diwakili oleh Bapak Laode Ahmad selaku Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan; Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia yang diwakili oleh Bapak Abdul Haris Semendawai selaku Wakil Ketua Bidang Eksternal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia; dan turut mengundang Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional yang diwakili oleh Bapak Laksda (Purn.) Edi Sucipto selaku Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional. Kegiatan Lokakarya ini juga turut mengundang Bupati dan Walikota, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Biro Hukum dan Bagian Hukum Pemerintah Daerah di seluruh Wilayah Indonesia Tengah, serta dihadiri secara daring oleh akademisi mitra BPIP Bapak Prof. Bayu Dwi Anggono selaku Guru Besar dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember dan Ibu Prof. Ani Purwanti selaku Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Diponegoro.

Kegiatan lokakarya diawali dengan penyampaian laporan kegiatan oleh Bapak Deputi Bidang Hukum, Advokasi, dan Pengawasan Regulasi BPIP, kemudian dibuka secara simbolis dengan pemukulan gong oleh Bapak Wakil Kepala BPIP, dilanjutkan dengan penyampaian sambutan serta arahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Menteri Dalam Negeri, kemudian dilanjutkan dengan sesi seminar dimoderatori Bapak R. Dian M. Johan Johor Mulyadi selaku Direktur Penyusunan Rekomendasi Kebijakan dan Regulasi BPIP, diawali dengan penyampaian materi oleh Bapak Laksda (Purn.) Edi Sucipto, dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak Bambang Iriana Djajaatmadja, dan penyampaian materi oleh Bapak Abdul Haris Semendawai, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab.

Kegiatan lokakarya ini bertujuan untuk sosialisasi dan diskusi mengenai Indikator Nilai Pancasila, yang sudah ditetapkan dalam Peraturan BPIP Nomor 4 Tahun 2022 tentang Indikator Nilai Pancasila, sebagai parameter dan indikator dalam pembentukan peraturan perundang-undangan agar dapat selaras dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila.