Berita

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah menyelenggarakan kegiatan Deklarasi Pancasila dalam tindakan melalui gotong royong percepatan penurunan angka stunting di Banyuwangi pada tanggal 1 Agustus 2023.

Kegiatan deklarasi yang digagas oleh BPIP turut berkolaborasi dan dihadiri oleh Bapak Prof. Mahfud MD selaku Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan, Bapak Abdullah Azwar Anas selaku Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Bapak Hasto Wardoyo selaku Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, Ibu Ipuk Fiestiandani selaku Bupati Banyuwangi dan sejumlah pejabat perwakilan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Pemerintah dalam hal ini BPIP, melalui Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, mengatur bahwa kegiatan percepatan penurunan stunting dilakukan secara holistik, integratif, dan berkualitas melalui koordinasi, sinergi, dan sinkronisasi di antara pemangku kepentingan merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mengurangi angka stunting di Indonesia. Kegiatan ini juga dalam mewujudkan program reformasi birokrasi tematik dalam rangka percepatan penurunan angka stunting, melalui Biro Hukum dan Organisasi BPIP sebagai koordinator reformasi birokrasi di BPIP.

Selanjutnya Kepala BPIP Prof. Yudian Wahyudi didampingi Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti meninjau Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Banyuwangi. BPIP mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, karena telah mewujudkan nilai-nilai Pancasila melalui Mall Pelayanan Publik. Pelayanan yang berkualitas/prima ditandai dengan terlaksananya seluruh sila-sila yang ada di Pancasila, mulai dari nilai Ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan, nilai kerakyatan hingga nilai keadilan. Semua nilai tersebut, menjadi bagian tak terpisahkan dalam konsep membangun pelayanan publik yang menyenangkan antara rakyat dan pemerintah dan patut dicontoh Daerah lain. MPP Banyuwangi juga menjadi pionir transformasi pelayanan publik melalui Mall Pelayanan dan juga menjadi percontohan dalam digitalisasi pelayanan melalui MPP Digital.

Dalam kesempatan tersebut turut hadir langsung Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani; Surahno selaku Deputi Bidang Pengkajian dan Mater BPIP; Prakoso selaku Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi dan Jaringan BPIP; K.A. Tajudin selaku Deputi Bidang Hukum, Advokasi dan Pengawasan Regulasi BPIP, juga sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan BPIP, dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Banyuwangi juga unsur Forkopimda Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.