Berita

Perwakilan dari Biro Hukum dan Organisasi BPIP menghadiri undangan kegiatan dari Direktorat Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP dalam rangka Penyusunan Rekomendasi Kebijakan di Bidang Pangan, Reviu Rancangan Dokumen Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan Penyusunan Naskah Urgensi Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila pada tanggal 12-15 Juni 2023 di Surakarta.

Dalam kegiatan ini dihadiri oleh Bapak Muhammad Sabri selaku Direktur Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP, dan turut mengundang Ibu Prof. Ani Purwanti, Ibu Dr. Sunny Ummul Firdaus, Bapak Ahmad Uzair, Ph.D dan Bapak Henry Thomas Simarmata sebagai narasumber.

Kegiatan ini diawali dengan membahas penyusunan rekomendasi kebijakan di bidang pangan, dalam pembukaan Bapak Muhammad Sabri selaku Direktur Pengkajian Kebijkan Pembinaan Ideologi Pancasila BPIP menyampaikan bahwa penyusunan rekomendasi kebijakan di bidang pangan memiliki keterkaitan antara ketahanan ideologi dan ketahanan pangan yang menjadi perhatian serius bagi BPIP. Ketahanan pangan merupakan isu yang sangat berkaitan juga dengan ketahanan negara, yang juga berkaitan dengan salah satu tujuan negara Indonesia yaitu untuk memajukan kesejahteraan umum.

Bapak Henry Thomas Simarmata selaku narasumber menyampaikan kajian peta ketahanan pangan di Indonesia, yang digunakan sebagai satu alat indikator untuk menyusun rekomendasi kebijakan di bidang pangan, dilanjutkan dengan diskusi penyusunan rekomendasi dengan peserta rapat.

Agenda selanjutnya membahas reviu rancangan dokumen arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila dan penyusunan naskah urgensi arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, disampaikan oleh narasumber Ibu Prof. Ani Purwanti, Ibu Dr. Sunny Ummul Firdaus dan Bapak Ahmad Uzair, Ph.D. mengenai saran dan masukan untuk perbaikan dalam reviu rancangan dokumen arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila dan penyusunan naskah urgensi arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila, dilanjutkan dengan penyampaian tanggapan dan diskusi antara peserta rapat dengan narasumber.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dengan hasil kegiatan berupa rekomendasi kebijakan di bidang pangan, rancangan dokumen Arah Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila, dan naskah urgensi arah kebijakan pembinaan ideologi Pancasila yang akan ditindaklanjuti oleh Direktorat Pengkajian Kebijakan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk dilaporkan kepada unsur pimpinan BPIP.