Berita

Badan Pembinaan Ideologi Pancasila melalui Biro Hukum dan Organisasi BPIP telah menyelenggarakan kegiatan Penyusunan dan Pembahasan Kerangka Logis Kinerja RB Tematik BPIP. Dihadiri oleh Wakil Kepala BPIP Dr. Drs. Karjono, S.H., M.Hum. dan Sekretaris Utama BPIP Dr. Adhianti, S.I.P., M.Si. dengan melibatkan unit kerja di lingkungan BPIP bersama narasumber Dr. Sumardi S.H., M.H. dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dan Direktur Komunikasi, Informasi dan Edukasi Deputi Bidang Advokasi Penggerakan dan Informasi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional pada tanggal 8 s.d 9  Mei 2023 di Tawangmangu, Jawa Tengah. 

Dalam kegiatan ini, BPIP melakukan penyusunan dan pembahasan kerangka logis kinerja Reformasi Birokrasi Tematik BPIP dengan tema “Stunting”. Tema ini ditentukan dalam rangka mendukung strategi nasional percepatan penurunan stunting sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, BPIP membentuk kelompok kerja di lingkungan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila untuk program percepatan penurunan stunting melalui Keputusan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 32 Tahun 2023 Tentang Kelompok Kerja Program Percepatan Penurunan Stunting Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Tahun 2023. 

Pokja mempunyai tugas mendukung strategi nasional percepatan penurunan stunting yang diaktualisasikan oleh BPIP melalui: (1) Gerakan Pancasila dalam Tindakan yang diwujudkan dalam Program Bapak Asuh Anak Stunting di lingkungan BPIP; dan Internalisasi dalam kegiatan pembinaan ideologi Pancasila; dan (2) Pembinaan ideologi Pancasila yang dilakukan oleh BPIP akan memanfaatkan teknologi informasi dan digitalisasi pemerintahan. 

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, dengan hasil kerangka logis kinerja Reformasi Birokrasi Tematik BPIP yang selanjutnya akan di integrasikan ke dalam Road Map RB BPIP sebagaimana amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, BPIP melakukan penyesuaian Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024.