Berita

Perwakilan dari Biro Hukum dan Organisasi telah menghadiri Kegiatan Sosialisasi PIP Melalui Seminar Nasional Bedah Buku “Pancasila Dari Indonesia Untuk Dunia”, pada tanggal 16 Mei 2024 di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan ini dihadiri dalam rangka memenuhi undangan dari Direktur Sosialisasi dan Komunikasi.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pejabat dan pegawai dari Biro Hukum dan Organisasi salah satunya adalah Bapak Franko Jhoner, S.H., M.H., selaku Perancang Peraturan Perundang-Undangan Ahli Muda beserta jajaran. Selain itu dalam kegiatan ini turut hadir pula Bapak Prof. Drs. H. Yudian Wahyudi, M.A., Ph.D. selaku Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Deputi Bidang Hubungan Antar Lembaga, Sosialisasi, Komunikasi, dan Jaringan, Bapak Ir. Prakoso, M.M.

Acara ini diselenggarakan oleh BPIP bekerjasama dengan pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan berlokasi di Kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Tangerang Selatan, Banten. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah dalam rangka upaya internalisasi nilai-nilai Pancasila di tengah kehidupan Masyarakat Indonesia khususnya bagi civitas academica di Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta. Selain seminar tersebut, dalam rangkaian acara pada kegiatan ini juga mencakup acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara BPIP dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Dalam sambutannya, Kepala BPIP menekankan bahwa pentingnya menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, karena sesungguhnya nilai-nilai Pancasila tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip dalam agama, khususnya agama Islam. Sehingga dengan menghayati dan mengamalkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari tidak menjadikan seseorang thagut (melampaui batas). Kepala BPIP berharap para peserta kegiatan dapat lebih memahami isi dari Pancasila dan menanamkan nasionalisme pada diri setiap peserta dengan tetap memegang teguh prinsip-prinsip dalam agama, terkhusus agama Islam.