Berita

Biro Hukum dan Organisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) telah melaksanakan kegiatan Harmonisasi terhadap rancangan Peraturan BPIP tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila dan rancangan Peraturan BPIP tentang Tata Cara Penyelesaian Kerugian Negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara atau Pejabat Lain di Lingkungan BPIP pada tanggal 17 s.d. 21 Januari 2024 di Kota Surakarta.

Pada kegiatan ini membahas perubahan Peraturan BPIP tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila yang sebelumnya telah diatur dalam Peraturan BPIP Nomor 2 Tahun 2020 tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila yang akan dicabut dan dinyatakan tidak berlaku, dan pengharmonisasian rancangan Peraturan BPIP tentang Tata Cara Penyelesaian Kerugian Negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara atau Pejabat Lain di Lingkungan BPIP.

Rapat ini dilaksanakan secara hybrid baik secara luring dan daring. Kegiatan dibuka oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi, Bapak Edi Subowo, dan dihadiri oleh narasumber Bapak Febby Johanes Wenji selaku Kepala Seksi Pembayaran Perhitungan Pihak Ketiga dan Penyelesaian Tuntutan Ganti Rugi, Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, juga turut dihadiri oleh Tim Harmonisasi Rancangan Peraturan Menteri Pokja III, Direktorat Jenderal Peraturan Perundang-undangan, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar, dengan hasil kegiatan berupa Rancangan Peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila tentang tentang Pendidikan dan Pelatihan Pembinaan Ideologi Pancasila dan rancangan Peraturan BPIP tentang Tata Cara Penyelesaian Kerugian Negara terhadap Pegawai Negeri Bukan Bendahara atau Pejabat Lain di Lingkungan BPIP yang kemudian akan ditindaklanjuti dengan tahapan perbaikan dari hasil harmonisasi.