Berita

Biro Hukum dan Organisasi Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BHO) melaksanakan Kegiatan Pembahasan Kinerja RB General BPIP dan Penyusunan Rencana Aksi Kegiatan RB Tahun 2024 tanggal 18 s.d 22 Maret 2024 di Jakarta tepatnya berlokasi di Hotel Mercure Jakarta Kota. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mendapatkan pemahaman bersama atas Kinerja RB General BPIP dan operasionalisasi strategi dan program ke dalam rencana aksi.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro Hukum dan Organisasi (BHO), Bapak Edi Subowo, S.H, M.H. beserta jajaran Pejabat maupun Pelaksana di BHO. Kegiatan dihadiri oleh peserta dari Pegawai BPIP sebanyak 62 orang dan Kementerian/ Lembaga Lain kurang lebih sebanyak 4 orang. Narasumber pada kegiatan ini berasal dari Kementerian PAN dan RB.

Berdasarkan Peraturan Menteri PANRB Nomor 3 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Peraturan Menteri PANRB Nomor 25 Tahun 2020 tentang Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024, BPIP melakukan perubahan atas tujuan dan strategis RB instansional, kegiatan utama RB General termasuk dengan target tahunannya dan manajemen/pengelolaan RB instansional (mikro).

BPIP perlu menyelaraskan Road Map RB dengan Rencana Strategis (Renstra) bagi K/L dan memastikan kebijakan yang ditetapkan dalam Road Map RB. Untuk diturunkan kedalam kegiatan utama dan penetapan target kinerja. Selanjutnya, melakukan penyusunan rencana aksi, dimana tahapan ini adalah tahapan untuk mengoperasionalkan strategi dan program yang telah ditetapkan dalam Road Map RB instansi. Rencana aksi secara umum terdapat dua tipe yaitu mandat instansi yang dirumuskan sesuai tupoksi intansi, dan inisiatif instansi yang merupakan inovasi dari instansi terkait.