Berita

Bagian Organisasi dan Tata Laksana pada Biro Hukum dan Organisasi BPIP telah mengadakan kegiatan kunjungan ke Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang dilakukan pada rentang waktu antara 4 s.d. 8 Maret 2024 yang dilaksanakan oleh beberapa tim di internal Biro Hukum dan Organisasi.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh proses penyederhanaan birokrasi yang dilaksanakan oleh BPIP. Proses penyederhanaan birokrasi ini mengalami berbagai hambatan di internal organisasi sehingga menimbulkan penurunan kinerja organisasi dan dalam jangka panjang berpotensi menimbulkan masalah yang lebih besar.

Di samping itu, Biro Hukum dan Organisasi melihat bahwa terdapat beberapa Pemerintah Daerah yakni di antaranya, Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Kabupaten Banyumas yang sudah memiliki hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dan reformasi birokrasi dengan sangat baik serta mengalami peningkatan prestasi dari tahun ke tahun.

Oleh karena hal tersebut, Biro Hukum dan Organisasi memutuskan untuk melaksanakan kunjungan dalam rangka Brainstorming dan Studi Komparasi terkait dengan Penyederhanaan Birokrasi Pada Instansi Pemerintah khususnya di Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Pemerintah Kabupaten Bantul, Pemerintah Kota Surakarta, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, Pemerintah Kabupaten Boyolali, Pemerintah Kabupaten Klaten dan Pemerintah Kabupaten Banyumas.